Visi

Menjadi salah satu program studi S1 Manajemen yang profesional, kompeten dan berdaya saing dalam bidang bisnis, khususnya dalam bidang Pemasaran, Keuangan, SDM dan Industri Syariah berbasis digital di ASEAN pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara akademis dan professional dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan menyelaraskan perkembangan IPTEK.
  2. Memberikan pengetahuan teoritis maupun praktis secara efektif di bidang manajemen dan bisnis serta mampu mengaplikasikannya sesuai kebutuhan pengguna (user) serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri secara tangguh dan mandiri.
  3. Mengembangkan keterampilan mahasiswa yang memiliki dedikasi, integritas, bermoral, berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan lokal, nasional maupun Internasional.
  4. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis dengan melibatkan partisipasi aktif civitas akademika.
  5. Melaksanakan kerjasama dalam pengembangan ilmu dan pendidikan di bidang manajemen dan bisnis di Dalam dan Luar Negeri.
  6. Berkomitmen membentuk lulusan yang berakhlak mulia, yang berkompeten dan memiliki jiwa entrepreneur

Tujuan Umum Program Studi S1 Manajemen secara umum bertujuan untuk menghasilkan lulusan Sarjana Manajemen (S.M) yang :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya
  3.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat dan temuan orisinal orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

Sedangkan tujuan yang secara sepesifik setiap lulusan Program Studi S1 Manajemen harus mempunyai kompetensi :

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Sasaran  dan Strategi Program Studi S1 Manajemen sampai dengan tahun 2022

  1. Rata-rata IPK lulusan program studi  S1 Manajemen adalah di atas 3,00
  2. Lama / masa studi lulusan rata –  rata 8 semester (4 tahun)
  3. Waktu tunggu kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan rata-rata 3 bulan.
  4. Lulusan memiliki Score TOEFL minimal 450
  5. Mengimplementasikan Merdeka belajar kampus merdeka di program studi.
  6. Melakukan sertifikasi kompetensi bagi Dosen dan Tenaga pendidikan

Strategi

  1. Penerapan kurikulum  berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI dan Outcome Based Learning (OBE) dan sesuai dengan kualitas atau profile lulusan yang diharapkan.
  2. Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen.
  3. Memanfaatkan secara optimal laboratorium/ praktikum, internet, perpustakaan dan buku referensi, modul kuliah dan teknologi pendidikan lainnya.
  4. Melaksanakan pendidikan tinggi yang bermutu  berdasarkan nilai – nilai moral dan etika akademik yang tinggi.
  5. Mengikutsertakan mahasiswa dalam seminar, workshop, pelatihan-pelatihan, dan berbagai kompetisi baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  6. Meningkatkan peran aktif dosen akademik guna membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah.
  7. Melakukan sistem evaluasi dan monitoring pembelajaran bagi mahasiswa baik secara periodik maupun inspeksi mendadak atau sidak.
 

Lulusan program studi S1 Manajemen (S.M) mempunyai kualifikasi yang mampu mengaplikasikan ilmu manajemen pemasaran, keuangan dan manajemen  sumber daya manusia yang berbasis digital dan berwawasan global dengan menjunjung tinggi etika, profesionalisme dan tanggap terhadap kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi dalam suatu perusahaan. Para lulusan  diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Supervisor di berbagai industri sektor manufaktur, perusahaan jasa, perbankan, retail, tehknologi dan lainnya.
  2. Konsultan bisnis yaitu memberikan jasa konsultasi, potensi, pengembangan dan penilaian  kelayakan bisnis
  3. Tenaga Profesional dalam mengoptimalkan kemampuan teknis dan  administratif di bidang fungsional dalam area pemasaran, keuangan, operasional dan SDM
  4. Wirausahawan dalam memulai usaha baru (Startup), komersialisasi  produk atau jasa, pelaksana aktifitas bisnis yang mampu membuka lapangan  kerja bagi masyarakat sekitarnya.

1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

1SIKAP
S1bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2Ketrampilan Umum
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
3Ketrampilan Khusus
KK1Mampu menyelesaikan masalah rutin fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sumberdaya manusia, operasi, dan keuangan) dengan kaidah yang berlaku.
KK2Mampu merumuskan dan mengimplementasikan rencana strategik ke dalam rencana operasional
KK3Mampu melakukan kajian teori dan empirik dalam bidang manajemen berdasarkan metoda ilmiah
KK4Mampu bekerja pada bidang pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia pada sektor swasta maupun pemerintahan
KK5Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen
KK6Mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan memformulasikan dalam rencana bisnis yang komprehensif
KK7Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan dan tertulis, dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi
KK8Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengendalian serta evaluasi pada level operasional suatu organisasi
KK9Mampu merencanakan, mengelola dan mengendalikan sumber daya bisnis
KK10Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan analisis dan informasi yang akurat
4Pengetahuan
KK1Menguasai konsep teori dalam ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non-bisnis baik tingkat lokal, nasional, dan global. Memahami konsep dan teori
KK2Memahami konsep dan teori manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan berbasis digital
KK3Menguasai prinsip kepemimpinan dan wirausahaan dalam berbagai tipe
organisasi
KK4Memahami Konsep dan teori tanggung jawab bisnis terhadap sosial dan
lingkungan
KK5Mengaplikasikan teknologi kreatif dan inovatif dalam ilmu manajemen

 

2. Matrik hubungan CPL dengan Profil Lulusan

Matrik ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap butir CPL Prodi terkait dengan rumusan Profil Lulusannya

CPL Prodi

CPL1Memiliki landasan etis dan pendidikan agama dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab serta taat hukum
CPL2Menguasai konsep teori dalam ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non-bisnis baik tingkat lokal, nasional, dan global.
CPL3Memahami konsep dan teori manajemen pemasaran, sumber daya manusia, operasional dan keuangan berbasis digital.
CPL4Menjadi seorang pemimpin bisnis yang dapat melakukan inovasi dan menggunakan teknologi
CPL5Menguasai metodologi penelitian dalam ilmu manajemen
CPL6Menguasai prinsip wirausahaan dalam berbagai tipe organisasi
CPL7Memahami Konsep dan teori tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan
CPL8Mengaplikasikan teknologi kreatif dan inovatif dalam ilmu manajemen.

 

3. Bahan kajian berdasarkan CPL Prodi

CPL Prodi

Bahan Kajian

Sikap

S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.Pengembangan Karakter dan berfikir kritis.
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, Moral, dan etika.Manajemen, Fungsi Organisasi, Bisnis, Pengembangan karakter dan berfikir kritis, Karya Ilmiah.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Teknologi Informasi Komunikasi, Kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi,  karya ilmiah.
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan.
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, kewirausahaan, kreativitas.
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.

Ketrampilan Umum

KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Akuntansi, Teknologi Informasi Komunikasi, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Teknologi Informasi Komunikasi, kreativitas dan inovasi dan karya ilmiah, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Metode kuantitatif dan karya ilmiah.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Ekonomi, Akuntansi, Teknologi Informasi Komunikasi, kewirausahaan.
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Akuntansi, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Ekonomi, Akuntansi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.Teknologi Informasi Komunikasi, kreativitas dan inovasi.

Ketrampilan Khusus

KK1Mampu menyelesaikan masalah rutin fungsi manajemen (perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sumberdaya manusia, dan keuangan) dengan kaidah yang berlaku.
Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KK2Mampu merumuskan dan mengimplementasikan rencana strategik ke dalam rencana operasional.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KK3Mampu melakukan kajian teori dan empirik dalam bidang manajemen berdasarkan metoda ilmiah.Metode kuantitatif, Ekonomi, Manajemen, dan karya ilmiah.
KK4Mampu bekerja pada bidang pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia pada sektor swasta maupun pemerintahan.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis.
KK5Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KK6Mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan memformulasikan dalam
rencana bisnis yang komprehensif.
Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
KK7Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan dan tertulis, dengan
menggunakan berbagai saluran komunikasi.
Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kreativitas dan inovasi.
KK8Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian serta evaluasi pada level
operasional suatu organisasi.
Manajemen, fungsi organisasi, bisnis,
Ekonomi.
KK9Mampu merencanakan, mengelola dan mengendalikan sumber daya bisnis.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi.
KK10Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan analisis dan informasi yang akurat.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.

Pengetahuan

P1Menguasai konsep teori dalam ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non-bisnis baik tingkat lokal, nasional, dan global.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, metode kuantitatif, Ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, karya ilmiah.
P2Memahami konsep dan teori manajemen pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan keuangan berbasis digital.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
P3Menguasai metodologi penelitian dalam ilmu manajemen.Metode kuantitatif, Manajemen, Bisnis, karya ilmiah.
P4Menguasai prinsip kepemimpinan dan wirausahaan dalam berbagai tipe organisasi.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.
P5Memahami Konsep dan teori tanggung jawab bisnis terhadap sosial dan lingkungan.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Ekonomi, Akuntansi, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan.
P6Mengaplikasikan teknologi kreatif dan inovatif dalam ilmu manajemen.Manajemen, fungsi organisasi, bisnis, Teknologi Informasi Komunikasi, Pengembangan Karakter dan berfikir kritis, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi.

Daftar Sebaran Mata Kuliah Tiap Semester

TAHUN PERTAMA SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1100Pengantar Bisnis dan Manajemen3
2MGT1101Pengantar Ilmu Ekonomi3
3MGT1102Matematika Ekonomi dan Bisnis3
4ACT1101Pengantar Akuntansi3
5STEI104Bahasa Indonesia2
6STEI105Pendidikan Kewarganegaraan3
7STEI102Pendidikan Pancasila2
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI18 

TAHUN PERTAMA SEMESTER GENAP

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1104Manajemen Keuangan3
2MGT1105Teori Ekonomi Mikro3MGT1101
3ACT1206Akuntasi Keuangan3ACT1101
4MGT1106Sistem Informasi Manajemen3MGT1100
5STEI101Pendidikan Agama3
6MGT1107Manajemen SDM 3
7MGT1103Manajemen Pemasaran3
TOTAL SKS SEMESTER21 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI39 

TAHUN KEDUA SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1208Kewirausahaan3MGT1101
2MGT1209Logika Pemrograman Dasar3MGT1106
3MGT1210Manajemen Keuangan Perusahaan3MGT1104
4MGT1211Analisa dan Implementasi Pemasaran3MGT1103
5MGT1212Manajemen Kinerja3MGT1107
6MGT1213Etika dan Hukum Bisnis3
7MGT1214Statistika Deskriptif3MGT1102
TOTAL SKS SEMESTER21 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI60 

TAHUN KEDUA SEMESTER GENAP

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1STEI103Bahasa Inggris3
2MGT1215Bank dan Lembaga Keuangan3MGT1100
3MGT1216Statistika Inferensial3MGT1214
4MGT1217Perilaku Organisasi3MGT1107
5MGT1218Teori Ekonomi Makro3MGT1105
6MGT1219Bisnis Digital3MGT1100
7MGT1220Manajemen Operasional3MGT1100
TOTAL SKS SEMESTER21 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI80 

TAHUN KETIGA SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1321Strategi Operasional Perusahaan3MGT1220
2MGT1322Bisnis Analitik3MGT1106
3MGT1323Manajemen Strategik3MGT1212
4MGT1324Manajemen Rantai Pasokan3MGT1220
5STEI206Literasi Bahasa Inggris3STEI103
6MGT1325Sistem Pengambilan Keputusan3MGT1106
7MGT1326Manajemen Risiko3MGT1210
8MGT1327Pengolahan Data Statistika***)2MGT1216
TOTAL SKS SEMESTER21 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI101 

TAHUN KETIGA SEMESTER GENAP

 NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1ACT1318 atau ACT1319Metode Penelitian atau Penulisan Karya Ilmiah3MGT1216
2MGT1328Komunikasi Bisnis*)3STEI103
3MGT1329Bisnis Internasional*)2MGT1211
4MGT1330E-Commerce*)3MGT1211
5MGT1331Manajemen Perubahan*)3MGT1211
6MGT1332Kepemimpinan Bisnis*)3MGT1217
7MGT1333Sistem Manajemen Basis Data*)3MGT1106
TOTAL SKS SEMESTER20 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI121 

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

 NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1434Manajemen Inovasi dan Pengetahuan*)2MGT1212
2MGT1435Manajemen Proyek*)2MGT1220
3MGT1436Desain Multimedia***)2MGT1106
3MGT1437Praktik Bisnis***)2MGT1208
4 Mata Kuliah Peminatan 1**)3MGT1321
5 Mata Kuliah Peminatan 2**)3MGT1321
6 Mata Kuliah Peminatan 3**)3MGT1321
TOTAL SKS SEMESTER17 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI138 

Keterangan :

*) Mata kuliah pilihan yang dapat dikonversi pada program MBKM

**) Mata Kuliah Peminatan dapat berfokus memilih satu peminatan di bidang manajemen.

***) Mata kuliah praktikum/ praktek dengan bobot 2 SKS yang pelasanaan kuliahnya setara dengan 2 SKS

 

Mata Kuliah Peminatan Program Studi S1 Manajemen

Mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 104 SKS mata kuliah wajib, termasuk Skripsi dan 35 SKS mata kuliah pilihan dan 6 SKS matakuliah tugas akhir. Mata kuliah pilihan yang diampu dari Program Studi S1 Manajemen dikelompokkan berdasarkan spesialisasi sehingga mahasiswa dapat mencapai kompetensi spesifik d

 

1. Mata Kuliah Peminatan Pemasaran

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1438Pemasaran Global1)3 
2MGT1439Pemasaran Digital1)3 
3MGT1440Perilaku Konsumen1)3 
4MGT1441Manajemen Bisnis Retail1)3 
5MGT1442Perencanaan Media dan Periklanan1)3 
6MGT1443Komunikasi Pemasaran1)3 
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI  

2. Mata Kuliah Peminatan Keuangan

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1444Keuangan Internasional2)3 
2MGT1445Manajemen Investasi dan Treasury2)3 
3MGT1446Teori Portofolio dan Analsis Investasi2)3 
4MGT1447Pasar Modal Indonesia2)3 
5MGT1448Keuangan Mikro2)3 
6MGT1449Penilaian Bisni2)3 
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI  

3. Mata Kuliah Peminatan SDM

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1450Pengembangan Sumber
Daya Manusia3)
3 
2MGT1451Inovasi dan Teknologi Manajemen Sumber Daya Manusi3)3 
3MGT1452Manajemen Talenta dan Pengembangan Karir3)3 
4MGT1453Pengembangan Organisasi3)3 
5MGT1454Hubungan Industria3)3 
6MGT1455Manajemen Lintas Budaya3)3 
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI  

4. Mata Kuliah Peminatan Manajemen Bisnis Digital

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MGT1456Internet of Things untuk Bisnis4)3 
2MGT1457Big Data untuk Bisnis4)3 
3MGT1458Perusahaan Startup4)3 
4MGT1459Keamanan Sistem Informas4)3 
5MGT1460Teknologi Blockchain4)3 
6MGT1461Desain antarmuka Penggunan4)3 
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI  

5. Mata Kuliah Peminatan Kewirausahaan

TAHUN KEEMPAT SEMESTER GANJIL

NoSandi MKMata KuliahSKSPrasyarat
1MJM410Riset Pasar5)3 
2MJM420Perencanaan dan Pengembangan Produk5)3 
3MJM430Strategi Pengembangan Bisnis5)3 
4MJM440Tekhnopreneurship5)3 
5MJM450Wirausaha Internasional5)3 
6MJM460Sistem Informasi Wirausaha5)3 
TOTAL SKS SEMESTER18 
TOTAL SKS KUMULATIF SEMESTER INI  

Desksripsi Matakuliah

SANDI MKDESKRIPSI MATA KULIAHSKS
MGT1100      PENGANTAR BISNIS DAN MANAJEMEN/INTRODUCTION OF BUSINESS AND MANAGEMENT3 SKS
 Masa kuliah ini membahas konsep-konsep dasar tentang bisnis dan lingkungannya yang terus berubah. Materi yang diberikan meliputi sistem bisnis, bentuk-bentuk perusahaan, fungsi-fungsi operasional, pengembangan dan penciutan perusahaan. Pengantar Manajemen merupakan matakuliah dasar bagi matakuliah lanjutannya. Materi yang diberikan adalah sejarah perkembangan dan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengarahan dan pengawasan.
MGT1101PENGANTAR ILMU EKONOMI/ PRINCIPLE OF ECONOMICS3 SKS
 Mata kuliah ini membahas pengenalan konsep-konsep permintaan, penawaran, dan elastisitas; produksi dan konsumsi; konsep pasar persaingan sempurna, keseimbangan jangka pendek, pasar monopoli dan pasar persaingan tidak sempurna. Kerangka dasar ekonomi makro, pendapatan nasional, eran uang dan bank, inflasi, perdagangan luar negeri, serta pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.
ACT1101PENGANTAR AKUNTANSI / INTRODUCTION OF ACCOUNTING3 SKS
 Mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar dari keseluruhan siklus atau proses akuntansi serta penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum. Secara komprehensif meliputi siklus atau proses akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Disamping itu, dipelajari juga sebagian pos yang termasuk aset lancar yaitu kas dan setara kas serta piutang usaha. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari mata kuliah ini akan menjadi dasar yang sangat penting untuk mempelajari mata kuliah pokok akuntansi lainnya guna mengembangkan kompetensi dalam bidang akuntansi.
STEI102PENDIDIKAN PANCASILA2 SKS
 Mata kuliah ini memberi gambaran tentang Pancasila dagar mahasiswa memahami berbagai aspek tentang idiologi Pancasila sehingga dapat bertingkah laku sebagai manusia Pancasila. Selain itu juga menjelaskan tentang hak dan kewajiban warga negara sehingga mahasiswa menjadi warganegara yangbaik,cinta tanah air dan jiwa bela negara.
MGT1213ETIKA DAN HUKUM BISNIS/ BUSINESS ETHIC AND LAW3 SKS
 Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang etika bisnis, filosofi etika dan hukum, perjanjian, azas-azas perjanjian, bentuk-bentuk perusahaan, syarat legal yang harus dipenuhi perusahaan, hak intelektual, lembaga konsumen, penyelesaian sengketa,
STEI104BAHASA INDONESIA/ INDONESIAN2 SKS
 Perkuliahan dilaksanakan agar mahasiswa memperoleh kemahiran berbahasa dan memberikan penekanan pada Indonesia keterampilan menulis untuk kebutuhan akademik. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan gagasan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar serta lazim dalam dunia ilmiah, baik secara lisan maupun tertulis.
MGT1102MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS/ ECONOMIC AND BUSINESS MATHEMATIC3 SKS
 Mata kuliah ini merupakan salah satu alat untuk memecahkan masalah ekonomi khususnya bidang bisnis secara kuantitatif dengan pendekatan matematis. Beberapa konsep dasar matematis akan dijelaskan dan dilatih agar mahasiswa trampil sehingga dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah dasar ekonomi khususnya bidang bisnis. Topik-topik yang akan dibahas, meliputi: konsep dasar kalkulus diferensial, integral dan programasi linier
MGT1105TEORI EKONOMI MIKRO/ MICRO ECONOMICS3 SKS
 Mata kuliah Teori Ekonomi Mikro merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi dengan beberapa aplikasi praktis digunakan sebagai kasus untuk mempelajari teori. Topik yang dibahas meliputi: analisis permintaan dan penawaran, elastisitas, teori perilaku konsumen dan teori perilaku produsen, teori pasar output (pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoly, dan pasar monopolistic.
STEI105PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN/2 SKS
 Mata kuliah ini memberi gambaran tentang Kewarganegaraan agar mahasiswa memahami berbagai aspek tentang idiologi Pancasila sehingga dapat bertingkah laku sebagai manusia Pancasila. Selain itu juga menjelaskan tentang hak dan kewajiban warganegara sehingga mahasiswa menjadi warganegara yang baik, cinta tanah air dan jiwa bela negara.
MGT1103MANAJEMEN PEMASARAN / MARKETING MANAGEMENT3 SKS
 Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran, konsep dasar pemasaran, strategi yang digunakan dalam pemasaran, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
MGT1107MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/ HUMAN RESOURCE MANAGEMENT3 SKS
 Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) I memberikan pemahaman dan penerepan konsep MSDM yang sesuai dengan tujuan strategis organisasi. Kajian MSDM I meliputi : analisis pekerjaan, perencanaan dan rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan, manajemen kinerja, pengembangan karyawan, mengelola retensi, keterlibatan dan karier karyawan, dan kompensasi.
STEI101PENDIDIKAN AGAMA/ RELIGION3 SKS
 Mata kuliah agama diberikan kepada semua mahasiswa STEI Jakarta dengan memperhatikan. Latar belakang keberagaman masing-masing. Karenanya materi yang diajarkan diarahkan untuk membangun penghayatan dan semangat keberagaman yang baik, berakhlak, dan berkarakter mulia
MGT1214STATISTIKA DESKRIPTIF/ DESCRIPTIVE STATISTIC3 SKS
 Mata kuliah ini menekankan pembahasan materi yang meliputi pengertian dan konsep dasar Statistika, pengolahan dan penyajian data, ukuran Statistika (ukuran gejala pusat, ukuran letak, ukuran penyebaran (dispersi) dan ukuran perbandingan (angka indeks)), analisis data berkala (time series), analisis regresi dan korelasi, serta teori probabilitas dan distribusi probabilitas teoritis.
MGT1218TEORI EKONOMI MAKRO/ MACRO ECONOMICS3 SKS
 Mata kuliah Teori Ekonomi Makro merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi dengan beberapa aplikasi praktis digunakan sebagai kasus untuk mempelajari teori. Topik yang dibahas meliputi: perhitungan pendapatan nasional; keseimbangan pendapatan dan pengeluaran; kebijakan fiscal dan moneter; penawaran dan permintaan  gregat; model IS – LM; teori konsumsi dan investasi; teori inflasi dan kaitannya dengan masalah pengangguran; dan keseimbangan umum.
MGT1104MANAJEMEN KEUANGAN/ FINANCIAL MANAGEMENT3 SKS
 Matakuliah Manajemen Keuangan I membahas mengenai topik-topik dasar keuangan perusahaan. Topik manajemen keuangan yang dibahas terutama terkait dengan operasional keuangan perusahaan. Topik tersebut antara lain adalah: analisis laporan keuangan, forecasting, nilai waktu uang, valuasi obligasi dan saham, BEP, leverage, cash budget dan manajemen kredit.
MGT1211ANALISA DAN IMPLEMENTASI PEMASARAN/ANALYSIS AND MARKETING IMPLEMENTATION3 SKS
 Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep–konsep dan penerapan strategi bauran pemasaran, yang digunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan
MGT1212MANAJEMEN KINERJA/ PERFORMANCE MANAGEMENT3 SKS
 Mata Kuliah Manajemen kinerja memberikan pemahaman dan penerepan konsep MSDM yang sesuai dengan tujuan strategis organisasi. Kajian MSDM II meliputi : kependudukan dan angkatan kerja, produktivitas dan produktivitas angkatan kerja, motivasi, kepemimpinan, pembinaan SDM dan kepuasan kerja, manajemen konflik dan komunikasi, keselematan dan kesehatan kerja, hubungan industrial, outsourcing, audit MSDM, MSDM global.
ACT1206AKUNTANSI KEUANGAN/ FINANCIAL ACCOUNTING3 SKS
 Mata kuliah ini membahas mengenai siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang, pengenalan perkiraan kas dan bank, piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang lancar, akuntansi untuk perusahaan perseroaan terbatas, akuntansi hutang jangka panjang (obligasi), investasi dalam bentuk saham maupun obligasi, dan pengenalan mengenai akuntansi manajemen khususnya untuk perusahaan manufaktur.
MGT1208KEWIRAUSAHAAN/ ENTREPRENEURSHIP3 SKS
 Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep kewirausahaan, karakteristik dan etika wirausahawan sejati, strategi membangun ide bisnis dan mengidentifikasi bisnis yang sesuai bakatnya, hambatan dalam memulai bisnis, mengetahui macam-macam bisnis model dan konsep dasar manajemen bisnis sehingga ke depannya mampu membangun bisnis mandiri.
MGT1216STATISTIKA INFERENSIAL/ INFERENTIAL STATISTICS3 SKS
 Mata kuliah ini menekankan pembahasan materi yang meliputi pengertian dan konsep Distribusi Normal (yang merupakan konsep dasar untuk melakukan estimasi secara Statistika dan pengujian hipotesis), sampling dan distribusi sampling, pendugaan dan pengujian hipotesis terhadap beberapa parameter populasi, distribusi Chi-square, analisis regresi dan korelasi (sederhana dan ber-ganda) disertai pengujiannya (parsial dan simultas), serta pengenalan beberapa software pengolahan data dan interpretasi hasil pengolahan datanya.
MGT1210MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN/CORPORATE FINANCIAL MANAGEMENT3 SKS
 Matakuliah Manajemen Keuangan Perusahaan membahas mengenai topik-topik keuangan. Topik manajemen keuangan yang dibahas terutama tentang: pasar keuangan risiko dan return investasi saham, capital budgeting, cost of capital (coc), bagaimana mencari sumber pendanaan dengan venture capital, rights, dilusi, leverage, kebijakan dividen dan akuisisi.
MGT1332KEPEMIMPINAN BISNIS/ BUSINESS LEADERSHIP3 SKS
 Matakuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang definisi, ruang lingkup dan teori kepemimpinan, berperilaku sebagai pemimpin bisnis, pembentuk kepemimpinan, motivasi dalam kepemimpinan, pengenalan diri, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, nilai-nilai universal kepemimpinan bisnis, dan pemimpin bisnis yang kreatif.
MGT1106SISTEM INFORMASI MANAJEMEN/ INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT3 SKS
 Metode Perkuliahan di kelas Sistem Informasi Manajemen (SIM) lebih diarahkan pada keaktifan diskusi didalam kelas, mahasiswa diminta untuk mempersiapkan presentasi dari paper yang mereka buat sesuai topik terpilih dan diharapkan keaktifannya juga sebagai partisipan maupun presenter. Semua keaktifan dinilai sesuai kriteria penilaian.
MGT1215BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN/ BANK AND FINANCIAL INSITITUTION3 SKS
 Mempelajari peran, fungsi lembaga keuangan baik perbankan mapun non perbankan serta sistem perbankan dan lembaga keuangan bukan bank yang turut serta dalam membiayai pembangunan ekonomi Indonesia.
MGT1209LOGIKA PEMOGRAMAN DASAR/ BASIC LOGIC PROGRAMMING3 SKS
 pada mata kuliah ini dijelaskan mengenai pengetahuan dasar langkah-langkah dalam pemrograman, kemudian diberikan juga penjelasan mengenai tahapan secara struktural dalam memecahkan masalah pemrograman
MGT1217PERILAKU ORGANISASI/ ORGANIZATION BEHAVIOUR3 SKS
 Menganalisis konsep dasar Perilaku organisasi, persepsi dan pengambilan keputusan individual, nilai, sikap dan kepuasan kerja dalam organisasi, kepribadian dan nilai, teori dan praktek motivasi dalam organisasi, dasar-dasar perilaku kelompok formal, dan tim kerja, komunikasi dan pengambilan keputusan, kepemimpinan dan kepercayaan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi, Stress Management dan Job Design, budaya kerja dan perubahan organisasi.
MGT1220MANAJEMEN OPERASIONAL/ OPERATIONAL MANAGEMENT3 SKS
 Mata kuliah ini berisi tentang berbagai kegiatan bidang operasi/ produksi dan alat-alat analisis kuantitatif yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan operasi yang lebih baik. Dengan demikian mahasiswa akan mampu untuk menerapkannya teknikteknik analisis dan konsep-konsep manajemen operasi dalam berbagai jenis dan level perusahaan baik perusahaan lokal dan multinasional, khususnya dalam isu Strategi Operasi, Produktivitas dan Efisiensi, Pengembangan Produk dan Rancangan Produk, Rancangan Proses, Rancangan Tata Letak, Teori Antrian, Pemilihan Lokasi, Perencanaan Kapasitas, Manajemen Kualitas, Teknik Pengendalian Mutu, Ramalan Permintaan, Pola Produksi dan Anggaran Produksi.
 SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN/ DECISION MAKING SYSTEM3 SKS
 Sistem Pengambilan Keputusan merupakan mata kuliah yang membahas sistem berbasis komputerisasi (termasuk sistem berbasis pengetahuan / manajemen pengetahuan) yang mendukung pengambilan keputusan dalam organisasi serta komponen-komponen pendukungnya.
MGT1219BISNIS DIGITAL / DIGITAL BUSINESS3 SKS
 Mata kuliah yang akan dipelajari pada Bisnis Digital berisi keilmuan di
bidang bisnis dan digital/teknologi informatika agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan berbisnis dan memperoleh pengetahuan mengenai teknologi informatika untuk meningkatkan keberhasilan usaha.
MGT1331MANAJEMEN PERUBAHAN/CHANGE MANAGEMENT3 SKS
 Memahami konsep-konsep “manajemen perubahan” yang ditujukan dengan kemamuan menjelaskan konsep dan teori tersebut dan memberikan contoh-contoh dalam dunia nyata serta menyusun project management secara berkelompok.
MGT1327PENGELOLAAN DATA STATISTIKA/ANALYSIS DATA STATISTIC1 SKS
 Pengelolaan data statistika dirancang untuk mahasiswa Program Studi Manajemen dengan penekanan pada peningkatan ketrampilan mahasiswa menggunakan alat hitung dan alat pengolah data untuk mencari nilai-nilai penting dalam statistik, serta memberikan interpretasinya, yang meliputi pengolahan dan penyajian data, penghitungan ukuran-ukuran statistik (nilai tendensi sentral, ukuran posisi, ukuran penyimpangan (dispersi) dan ukuran perbandingan (angka indeks)), analisis trend (time series), analisis regresi dan korelasi, teori probabilitas, nilai harapan secara matematis, Distribusi Probabilitas Teoritis (data diskrit dan kontinyu), sampling dan Distribusi Sampling, estimasi secara statistik, pengujian hipotesis, analysis of variance, serta Distribusi Chi Square
STEI103BAHASA INGGRIS / ENGLISH2 SKS
 Mata kuliah ini mengakaji tuntas basic dalam Bahasa Inggris, cara mudah memahami kata bantu, cara mudah menentukan subjek, predikat, objek dan keterangan dalam kalimat, cara mudah menjawab pertanyaan, ‘memodifikasi pertanyaan dan menempatkannya ke dalam kalimat dan cara mudah membuat pertanyaan dengan berbagai kata bantu.
MGT1437PRAKTIK BISNIS/ BUSINESS PRACTICE1 SKS
 Pada mata kuliah perencanaan bisnis membahas tentang bisnis, konsep perencanaan bisnis, langkah-langkah dalam membuat proposal perencanaan bisnis, dan aspek-aspek yang dipertimbangkan dalam membuat proposal perencanaan bisnis sehingga mampu membuat proposal perencanaan bisnis (business plan) yang berkualitas.
MGT1321STRATEGI OPERASIONAL PERUSAHAAN/CORPORATE OPERATIONAL STRATEGY3 SKS
 Mata kuliah ini berisi tentang berbagai kegiatan bidang operasi/ produksi dan alat-alat analisis kuantitatif yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan operasi yang lebih baik. Dengan demikian mahasiswa akan mampu untuk menerapkannya teknikteknik analisis dan konsep-konsep manajemen operasi dalam berbagai jenis dan level perusahaan baik perusahaan lokal dan multinasional, khususnya dalam isu manajemen persediaan, just in time system, Perencanaan Kebutuhan Bahan, Perencanaan Agrigat, Penjadwalan Jangka Pendek, Manajemen Proyek, Manusia dan sistem kerja, learning curve, manajemen rantai pasokan, dan manajemenpemeliharaan.
STEI206LITERASI BAHASA INGGRIS2 SKS
 Mata kuliah ini membahas beragam teks bacaan dengan beragam topik dan membahas susunan ekspresi tertulis dalam beragam jenis teks. Secara umum, mata kuliah bahasa Inggris II ini akan memberikan bekal terhadap skil dasar untuk TOEFL untuk Structure and Written Expression dan Reading Comprehension.
MGT1322BISNIS ANALITIK/ BUSINESS ANALYTIC3 SKS
 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas analisa, dan validasi berbagai persyaratan untuk perubahan proses bisnis, atau kebijakan suatu perusahaan atau organisasi. Analis bisnis juga berperan besar dalam menggerakkan organisasi ke arah efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas, serta bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara teknologi dan bisnis dengan menggunakan analisis.
MGT1332KEPEMIMPINAN BISNIS3 SKS
 Matakuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang definisi, ruang lingkup dan teori kepemimpinan, berperilaku sebagai pemimpin bisnis, pembentuk kepemimpinan, motivasi dalam kepemimpinan, pengenalan diri, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, nilai-nilai universal kepemimpinan bisnis, dan pemimpin bisnis yang kreatif.
MGT1323MANAJEMEN STRATEGIK/ STRATEGIC MANAGEMENT3 SKS
 Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Manajemen Strategi : penerapan konsep manajemen strategis : formulasi, implementasi dan pengendalian dala suatu kegiatan bisnis dalam lingkungan global yang selalu berubah.
MGT1324MANAJEMEN RANTAI PASOKAN/ SUPPLY CHAIN MANAGEMENT3 SKS
 Mahasiswa dapat memahami Konsep, Teori dan Metode yang menjadi lingkup pembelajaran MORP terutama berkaitan dengan Mata Kuliah MORP, sehingga setelah mendapatkan pelajaran dari perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memahami bahwa setiap produk dan jasa yang akan dibuat dalam skala industri dan harus menghindari hal-hal yang membuat kerusakan lingkungan berasal dari sumber bahan baku yang dibutuhkan, dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat sekitarnya, dapat mempetahankan kontinuitas produksi, mendistribusikan produk/ jasa tepat waktu dan yang utama adalah menjaga rantai produksi tetap berkelanjutan dengan melakukan pembinaan dan hubung yang baik dengan pemasok bahan baku dan distributor atau agen bagi produk jadi.
MGT1330E-COMMERCE3 SKS
 Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar e-commerce dan perancangan e-commerce. Materi yang diberikan meliputi konsep-konsep dasar e-commerce, model e-commerce, perancangan e-commerce, hardware, software dan komunikasi, pemasaran internet, keamanan bisnis di internet dan isu-isu legalitas, etika dan sosial yang berkaitan dengan pemakaian  teknologi dalam berbisnis.
MGT1328KOMUNIKASI BISNIS/ BUSINESS COMMUNICATION3 SKS
 Materi komunikasi bisnis mencakup bentuk dasar komunikasi, model komunikasi, pola komunikasi, hasil komunikasi, surat menyurat, publik relations, cara membuat laporan, negosiasi, presentasi serta keberhasilan berkomunikasi melalui pemanfaatan berbagai media komunikasi baik cetak maupun elektronik
ACT1318 / ACT 1319METODE PENELITIAN/ PENULISAN AKADEMIK3 SKS
 Matakuliah Metode Penelitian membahas tentang metodologi penelitian ilmiah, yang meliputi: pemilihan topik dalam penelitian ilmiah, membuat perumusan masalah, membuat judul penelitian, membuat latar belakang masalah, melakukan identifikasi masalah, menyebutkan manfaat pembuatan penelitian, menyusun landasan teori, menyusun kerangka berpikir, membuat hipotesis penelitian, menentukan metodologi penelitian untuk menguji hipotesis, dan membuat proposal penelitian ilmiah. Agar mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana tahapan penelitian dilakukan khususnya di bidang akuntansi, maka pembahasan topik dari awal perkuliahan selain menggunakan buku teks juga menggunakan  contoh beberapa penelitian akuntansi. Dengan adanya contoh-contoh tersebut, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami konsep-konsep yang dibahas pada buku teks dan mengaplikasikannya pada penelitian aktual di bidang akuntansi. Mahasiswa diwajibkan sudah membaca artikel yang akan dibahas di kelas sehingga diharapkan dapat aktif berpartisipasi dalam menjawab maupun mengajukan pertanyaan dalam diskusi kelas.
MGT1329BISNIS INTERNASIONAL / INTERNATIONAL BUSINESS 3 SKS
 Mata kuliah ini membahas mengenai konsep – konsep dasar dalam bisnis
internasional beserta berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis secara global, beserta strategi dalam memasuki dan bersaing di pasar internasional.
MGT1326MANAJEMEN RISIKO 
 Mata kuliah Manajemen Risiko membekali mahasiswa tentang konsep risiko dan asuransi. Kegiatan bisnis yang dijalankan perusahaan sehari-hari selalu dihadapkan pada trade-off antara return – risk. Untuk mencapai return yang optimal maka perusahaan harus memiliki konsep manajemen risiko yang tepat. Salah satu konsep pengendalian risiko yang paling banyak digunakan oleh perusahaan melalui asuransi.
MGT1333SISTEM BASIS DATA/DATA BASIS SYSTEM3 SKS
 Matakuliah ini menjadi dasar dalam pengembangan perangkat lunak, baik yang berbasis dekstop maupun web. Dalam matakuliah mahasiswa diberikan pemahaman dan penguasaan konsep sistem basis data, manajemen dalammedia penyimpanan, merancang dan memodelkan data berdasarkan analisis kebutuhan user serta mengimplementasikannya dalam suatu DBMS.
MGT1434MANAJEMEN INOVASI DAN PENGETAHUAN/INNOVATION AND KNOWLEDGE MANAGEMENT3 SKS
 Mata kuliah ini memfasilitasi pengembangan kemampuan mengelola inovasi sesuai karakteristik bidang keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi, serta kemudian berlatihmengembangkan inovasi melalui prosedur kerja design thinking yaitu pemilihan topik kajian (topic selection and notice), identifikasi problem dan penelusuran informasi (empathize and explore), pengembangan ide-ide (ideate), analisis ide (analyze and select), pengembangan purwarupa (prototype), presentasi dan penjaringan balikan (learn feedback), dan penyempurnaan, publikasi dan pelaporan (revise,  share and repost).
MGT1435MANAJEMEN PROYEK/PROJECT MANAGEMENT3 SKS
 Matakuliah ini membahas dasar konseptual dan operasional perencanaan proyek, mengkaji kelayakan dan keputusan investasi pada proyek, mengkaji dasar konseptual dan operasional pelaksanaan proyek serta melatih ketrampilan menggunakan teknik mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan proyek. Kegiatan kuliah ini meliputi kegiatan kuliah tatap muka, praktikum, dan observasi di lapangan. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, penugasan, dan paparan laporan hasil observasi.
MGT1436DESAIN MULTIMEDIA/ MULTMEDIA DESIGN1 SKS
 Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai konsep yang merupakan pengantar mengenai komponen media digital antara lain: Perancangan, warna, teks, gambar, suara, animasi, video dan web. Kuliah ini ditekankan pada pembuatan, digiting dan manipulasi komponen media.
MGT1441MANAJEMEN BISNIS RITEL/ RETAIL BUSINESS MANAGEMENT3 SKS
 Mata kuliah ini membahas dan mempelajari mengenai bisnis ritel (perdagangan eceran), manajemen dalam bisnis ritel, menganalisis lingkungan dan menetapkan strategi-strategi dalam pekembangan bisnis ritel.
MGT1443KOMUNIKASI PEMASARAN/ MARKETING COMMUNICATION3 SKS
 Merupakan pengenalan dan pemahaman konsep dasar komunikasi pemasaran dengan memahami Definisi, proses, dan perencanaan komunikasi pemasaran , dan strategi komunikasi untuk promosi.
MGT1440PERILAKU KONSUMEN/ CONSUMER BEHAVIOUR3 SKS
 Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar perilaku konsumen, dan penerapannya yang meliputi pokok bahasan tentang, budaya, sosial, personal, psikografi, sikap, kepribadian, nilai, motivasi, dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. serta perannya dalam perancangan strategi pemasaran.
MGT1438PEMASARAN GLOBAL/ GLOBAL MARKETING3 SKS
 Merupakan mata kuliah pengenalan dan pemahaman tentang konsep dasar “Pemasaran Global’ dengan memahami diskripsi, proses, , dan perencanaan global dan strategi pemasaran global yang diperlukan untuk identifikasi konsumen dan pasar sasaran.
MGT1442PERENCANAAN MEDIA DAN PERIKLANAN/ MEDIA AND ADVERTISMENT PLANNING3 SKS
 Mata kuliah ini membahas mengenai sekilas bagaimana merumuskan perencanaan media periklanan dalam suatu kegiatan periklanan.
MGT1439PEMASARAN DIGITAL/ DIGITAL MARKETING3 SKS
 Digital Marketing bisa juga disebut pemasaran secara online, adalah promosi merek atau bisnis untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan dengan bentuk komunikasi digital lainnya
MGT1448KEUANGAN MIKRO/ MICROFINANCE3 SKS
 Mata kuliah ini membahas tentang Lembaga Keuangan Mikro baik dari sisi institusi maupun kinerjanya serta memberikan kemampuan dan pemahaman dalam manajemen/pengelolaan keuangan mikro.
MGT1445MANAJEMEN INVESTASI DAN TREASURY/INVESTMENT AND TREASURT MANAGEMENT3 SKS
 Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dan pemahaman manajemen transaksi treasury yang bertujuan untuk menjaga likuditas dan mengoptimalkan pengelolaan dana bank, yaitu likuiditas yang tetap terjaga dan penggunaan dana untuk mendapatkan profit yang maksimal, secara konsisten, terpadu dan berkelanjutan baik melalui pengelolaan domestic currency (single currency), maupun foreign currency (multiple currency) dengan prinsip ke hatihatian (prudential banking), memenuhi compliance  dan risiko atas berbagai risiko terutama risiko likuditas, kurs dan suku bunga yang sudah diperhitungkan (diperkirakan).
MGT1444KEUANGAN INTERNASIONAL/ INTERNATIONAL FINANCE3 SKS 
 Manajemen keuangan internasional dapat didefinisikan sebagai manajemen keuangan untuk perusahaan multinasional, dua istilah ini penting dalam manajemen keuangan internasional. Perusahaan multinasional memiliki beberapa ciri yang berbeda dengan perusahaan domestik. Salah satu karakteristik yang utama adalah wilayah operasional perusahaan yang mencakup beberapa negara, dengan kondisi politik, sosial, dan ekonomi serta kebudayaan yang berbeda-beda. Perbedaan kondisi tersebut menimbulkan konsekuensi yang berbeda yaitu dalam hal tata kelola dan kontrol perusahaan, antara lain bahwa perusahaan multinasional akan menghadapi perubahan faktor-faktor makro ekonomi salah satunya yaitu perubahan kurs mata uang antarnegara yang akan menambah kompleksitas pengelolaan keuangan perusahaan multinasional.
MGT1447PASAR MODAL INDONESIA/ INDONESIA CAPITAL MARKET3 SKS
 Mata kuliah ini memberikan Pemahaman atas perkembangan pasar modal di Indonesia, profesi pendukung pasar modal, fenomena, produk yang ditawarkan, mekanisme perdagangan serta cara menetukan atau melakukan investasi yang baik dan menguntungkan.
MGT1446TEORI PORTOFOLIO AND ANALISIS INVESTASI/PORTOFOLIO AND INVESTMENT ANALYSIS3 SKS
 Teori Portofolio dan Analisis Investasi adalah salah satu mata kuliah pilihan yang membekali mahasiswa tentang konsep dan pengetahuan berbagai instrumen investasi di pasar modal, diversifikasi portofolio investasi, teori pasar efisien (EMH), dan analisis ekonomi, industri dan perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan investasi.
MGT1449PENILAIAN BISNIS/ BUSINESS VALUATION3 SKS
 Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana melakukan studi kelayakan bisnis yang mencakup kerangka pemikiran, prosesnya, teknik-teknik yang bisa dipergunakan baik aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen/tenaga kerja, aspek keuangan, aspek lingkungan industri, serta bagaimana menyusun laporannya.
MGT1450PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA/HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT3 SKS
 Mata kuliah ini menguraikan tentang model-model perencanaan dan cara-cara membuat program-program perencanaan SDM seperti planning for recruitment and selection, planning for human resources development, planning for compensation and benefit. Di samping itu, mata kuliah ini juga menguraikan model-model pengembangan dan pelatihan SDM untuk diterapkan dalam organisasi dan bisnis.
MGT1451INOVASI DAN TEKNOLOGI MANAJEMEN SDM/ HR INNOVATION AND TECHNOLOGY3 SKS
 Pada mata kuliah ini akan dibahas berbagai aspek teknologi dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, mencakup: Perencanaan, pengadaan, pembinaan dan pemanfaatan tenaga kerja di dalam suatu badan usaha/instansi; Kepemimpinan dan hubungan antara pimpinan dan bawahan dalam rangka usaha peningkatan produktivitas, termasuk motivasi, penilaian dan pengembangan sumberdaya manusia; organisasi pembelajaran dan perannya dalam pengembangan inovasi dan peningkatan daya saing agroindustri.
MGT1452MANAJEMEN TALENTA DAN PENGEMBANGAN KARIR/ TALENT MANAGEMENT AND CAREER DEVELOPMENT3 SKS
 Mata Kuliah ini menjelaskan bagaimana mendiagnosis kinerja individu dan kelompok dalam upaya mengeffektifkan organisasi dalam rangka mengelola karir. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami bagaimana proses pengembangan karir dan penilaian kinerja dalam ranga pengembangan karir dan melakukan perencanaan karir.
MGT1455MANAJEMEN LINTAS BUDAYA/ CROSS CULTURAL MANAGEMENT3 SKS
 Memahami konsep dan teori-teori tentang “manajemen lintas bdaya” yang ditujukan dengan kemampuan menjelaskan konsep dan teori serta memberikan contoh-contoh dan aplikasinya dalam dunia nyata.
MGT1454HUBUNGAN INDUSTRI/ INDUSTRIAL RELATION3 SKS
 Mata Kuliah Hubungan Industrial menjelaskan konsep, proses, praktek dan pihak-pihak yang terlibat dalam hubungan industrial. Hubungan yang terjadi antara perusahaan, serikat pekerja dan pemerintah termasuk bagaimana penyelesaian perselisihan yang terjadi di antara pihak manajemen dan pihak pekerja.
MGT1453PENGEMBANGAN ORGANISASI/ ORGANIZATION DEVELOPMENT3 SKS
 Pengembangan organisasi merupakan sebuah bidang ilmu sosial terapan, yang dimaksudkan untuk membantu organisasi agar dapat meningkatkan pemenuhan sumber daya manusia, produktivitas dan respon terhadap lingkungannya. Dalam era otonomi, organisasi dituntut untuk selalu memberikan kepuasan kepada masyarakat sehingga tidak terelakkan lagi sektor publik harus selalu menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan melalui intervensi pengembangan organisasi baik dari segi proses manajemen sumber daya manusia, proses manusianya, teknostruktural dan intervensi strategis.
MGT1456INTERNET OF THINGS UNTUK BISNIS3 SKS
 Mata kuliah internet of things (IoT) berisi materi dasar tentang penggunaan internet untuk bisnis dari dimensi masyarakat yang bisa dibenamkan pada benda/perangkat/obyek IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) di sekitar. Padahasil akhir kuliah diharapkan mahasiswa terampil dalam mengaplikasikan internet of things (IoT) secara santun, praktis dan komperehensif.
MGT1457BIG DATA UNTUK BISNIS/ BIG DATA FOR BUSINESS3 SKS
 Mata kuliah Big Data mengenalkan mahasiswa kepada teknologi dan algoritma yang digunakan untuk memproses dan menganalisis data berukuran besar. Mata kuliah ini akan mengenalkan mahasiswa pada karakteristik, teknologi pengolahan dan analisis Big Data. Beberapa algoritma pemrosesan Big Data juga akan disampaikan beserta dengan implementasinya. Mata kuliah disajikan dengan struktur dan pokok bahasan pengenalan konsep Big Data, Big Data Ecosystem, Model Pemrosesan, Algoritma pada pengolahan Big Data, Data Visualization, dan Penugasan.
MGT1458PERUSAHAAN STARTUP/ STARTUP COMPANY3 SKS
 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan mahasiswa pengetahuan dan pengalaman praktis mengenai bagaimana memulai dan membangun usaha baru, dimana mahasiswa diharapkan mampu mengelola ide kreatif mereka untuk dapat memulai usaha baru dan menggunakan kemampuan teknologi dalam menjalankannya.
MGT1462RISET PASAR/ MARKET RESEARCH3 SKS
 Mata kuliah ini memberikan landasan teoritis bagi mahasiswa dalam melakukan riset pasar. Diawali dengan materi mengenai peran riset pasar dalam pengambilan keputusan manajemen, bagaimana menterjemahkan suatu permasalahan manajemen menjadi suatu pertanyaan penelitian dan hipotesis hingga bagaimana penyelesaian masalah dengan menggunakan langkah dan teknik riset pasar. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, mata kuliah ini juga menjelaskan bagaimana peran dan penggunaan teknologi informasi dalam melakukan riset pasar global.
MGT1463PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK/ PLANING AND PRODUCT DEVELOPMENT3 SKS
 Mata kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk mempelajari tentang tahap-tahap merancang dan mengembangkan produk mulai dari proses identifikasi kebutuhan pasar, proses desain produk, pengembangan alternatif konsep, sampai dengan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
MGT1464STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS/ BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY3 SKS
 Matakuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa/i tentang pengetahuan Perencanaan bisnis yang baik sendiri adalah sebuah proses, bukan hanya sekedar perencanaan. Perencanaan bisnis dan pengembangan bisnis yang baik indikatornya antara lain: Sederhana (mengandung kemudahan dan kepraktisan) untuk dilaksanakan; Spesifik (konkret, terukur,
spesifik dalam waktu, personalianya dan anggarannya); Realistik (realistik dalam tujuan, anggaran maupun target pencapaian waktunya) dan Komplit atau lengkap semua elemennya.
MGT1467STRATEGI PEMASARAN LANJUTAN/ ADVANCE MARKETING STRATEGY6 SKS
 Mata kuliah manajemen pemasaran lanjutan merupakan mata kuliah yang mengembangkan lebih jauh berbagai konsep dasar yang telah dipelajari pada mata kuliah dasar-dasar pemasaran. Mata kuliah ini membahas lebih lanjut konsep dasar pemasaran, perkembangan pemasaran pada abad 21, analisis peluang pemasaran, penetapan strategi pemasaran, pembuatan keputusan pemasaran, mengelola program pemasaran dan mengendalikan usaha pemasaran.
MGT1468STRATEGI SDM LANJUTAN/ ADVANCE HR STRATEGY6 SKS
 Mata kuliah manajemen SDM lanjutan merupakan mata kuliah yang mengembangkan lebih jauh berbagai konsep dasar yang telah dipelajari pada mata kuliah tingkatan atas SDM. Mata kuliah ini membahas lebih lanjut konsep dasar pemasaran, perkembangan SDM pada abad 21.
MGT1470STRATEGI KEUANGAN LANJUTAN/ ADVANCE FINANCE STRATEGY6 SKS
 Mata kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan melatih penalaran mahasiswa dalam menerapkan teori Manajeman Keuangan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan alternatif pemecahan masalah atau pengambilan keputusan di bidang keuangan yang dilakukan perusahaan, serta memahami keterkaitan antara berbagai aspek teori Manajemen Keuangan.
MGT1471STRATEGI BISNIS DIGITAL LANJUTAN/ ADVANCE BUSINESS DIGITAL STRATEGY6 SKS
 Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami konsep dan praktik identifikasi potensi bisnis melalui pemanfaatan aplikasi berbasis internet, pemasaran digital, aplikasi e-commerce, model bisnis e-commerce, teknologi terkait webstore, open cart, serta bagaimana memasarkan webstore maupun market place digital
MGT1469PENDAMPINGAN BISNIS UMKM/ SME ADVISOR6 SKS
 Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang peranan, konsep Koperasi dan UMKM serta peranannya dalam perekonomian Indonesia. Bahan kajian dalam mata kuliah ini meliputi teori dan konsep dasar Koperasi dan UMKM, manajemen perKoperasian, peranan Koperasi dalam pembangunan, serta kebijakan pemerintah dalam pengembangan Koperasi dan UMKM.
MGT1472MAGANG/ INTERNSHIP6 SKS
 Mata kuliah Kerja Praktek ini mewajibkan mahasiswa untuk melakukan magang kerja di perusahaan/industri/jasa yang mana bidang kerja yang dikerjakan adalah terkait dengan bidang kerja Pemasaran, Sumberdaya Manusia, Keuangan, Pariwisata dan Operasional sebagai implementasi materi perkuliahan yang telah dipelajari dan melatih kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dalam pekerjaan di lapangan
MGT1473SKRIPSI/ UNDERGRADUATE THESIS6 SKS
 Skripsi merupakan tugas akhir mahasiswa dengan menulis laporan hasil penelitian di bawah bimbingan dosen pembimbing penulisan Skripsi.