Sambutan Ketua STEI
Sambutan Ketua STEI

Assalamu Alaikum Wr.Wb

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah banyak memberikan nikmat kepada kita semua, salawat dan salam mudahah-mudahan dilimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, beserta keluarganya, sahabatnya dan kepada kita sekalian, amien....

 

Perkenankanlah saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta yang telah mempercayakan tugas ketua STEI kepada saya,saya menyadari bahwa tugas ini sangat berat dan juga tugas ini merupakan amanah dari Allah SWT. Sehingga Insya Allah saya harus melaksanakan dengan sebaik2nya dan dengan penuh tanggung jawab serta dilandasi dengan 3 prinsip pokok yaitu integritas, profesionalisme dan kebersamaan. Siapapun yang memikul tanggung jawab ini tentunya tidak mungkin akan berhasil tanpa ada dukungan dari kita semua,untuk itu pada kesempatan ini saya mohon dukungan bapak/ ibu seluruh sivitas akademika STEI indonesia agar strategi dan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan kedepan dapat mengantarkan STEI menjadi salah satu dari sejumlah begawan dalam pendidikan dan penelitan dibidang ekonomi yang mampu menyiapkan SDM yang kompeten dan berkualitas serta mampu berkompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional.

 

Salah satu masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah tingkat pengangguran yang tinggi, sekitar 8 s/d 9 juta orang masih menganggur, dan setiap tahun menurut perkiraan jumlah angkatan kerja yang masuk berjumlah sekitar 2 s/d 2,5 juta orang, sementara setiap 1% pertumbuhan ekonomi hanya akan mampu menciptakan lapangan kerja atau menyerap angkatan kerja sebesar 200- 250 ribu orang. Dengan demikian jika pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan sebesar 6,5% berarti jumlah angkatan kerja hanya akan terserap sebanyak 1,3 s/d 1,5 juta orang sehingga akan ada tambahan pengangguran sebesar 1 juta orang pertahun. Kondisi ini diperparah lagi dengan data yang menunjukkan bahwa prosentasi tingkat pengangguran lulusan perguruan tinggi rata-rata jauh lebih tinggi dan cenderung meningkat dibandingkan dengan lulusan SLTA atau SLTP. Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa persaingan dipasar kerja terutama lulusan perguruan tinggi akan semakin ketat dan pasar kerja semakin membutukan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompentisi yang tinggi dibidangnya.

 

Untuk itu STEI kedepan harus mampu menyediakan pendidikan tinggi ekonomi khususnya akuntansi dan manajemen yang berkualitas melalui proses belajar mengajar yang menekankan pada “belajar untuk belajar, belajar untuk berkarya dan berpikir kritis serta mampu memecahkan masalah dengan berbagai studi kasus. Disamping itu riset ekonomi terapan yang berkualitas perlu terus ditingkatkan, pembinaan dan pengembangan dosen kejenjang pendikan S-2 dan S-3 perlu dilanjutkan, Demikian pula pembinaan hubungan dosen dan mahasiswa melalui kegitan dan aktivitas kreatif perlu terus digalakkan guna mencapai Academic Exellence.

 

Langkah-langkah diatas akan dapat diwujutkan dengan mengembangkan dua strategy yaitu external dan internal development. External Development yaitu dengan cara bagaimana meningkatkan citra STEI diluar (corporate Image) dan Meningkatkan daya saing STEI melalui berbagai kegiatan seperti Public seminar, menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, mengadakan executive forum bagi dosen2 dan praktisi di perusahaan, serta meningkatkan hubungan baik dengan lembaga pemerintah terkait, meningkatkan kerjasama dan studi banding dengan perguruan tinggi baik didalam negeri maupun luar negeri untuk menyerap bebagai hal yang dapat meningkatkan kinerja STEI kedepan. Dengan demikian diharapakan STEI semakin dikenal dan dapat meningkatkan daya saingnya sehingga alumni akan lebih mudah memasuki dunia kerja dan pada gilirannya STEI dapat meningkatkan kontribusinya terhadap dunia pendidikan secara nasional.

 

Sementara itu internal Development perlu juga dilakukan antara lain dengan cara : 1) meningkatkan citra STEI kedalam yaitu meningkatkan ketepatan dan kecepatan pelayanan kepada mahasiswa melalui penggunaan IT serta berusaha meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana kampus untuk mendorong peningkatan kenyamanan dan keamanan kampus yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang kondusif bagi mahasiswa. 2) Pengembangan SDM dan karyawan secara konsisten dan kontinue perlu terus dilakukan sejalan dengan perubahan dalam organisasi STEI, pengembangan hendaknya dilakukan mulai dari top level hingga lapisan karyawan terendah menyeluruh disemua bagian dalam organisasi STEI. 3) Demikian pula pengembangan dosen secara konsisten dan kontinue harus terus dilkukan mengikuti perubahan dan pengembangan pengetahuan dan teknologi termasuk pengembangan pengatahuan aplikatif praktis khususnya dibidang akuntansi dan manajemen, sambil terus menerapkan dan mengembangkan tridarma perguruan tinggi, sehingga diharapkan akan terjadi pertumbuhan yang seimbang antara kemampuan akademis dan kemampuan praktis dalam proses belajar mengajar di STEI.

 

Berbagai strategi dan langkah-langkah yang akan dilakukan kedepan untuk membawa STEI kearah yang lebih baik, lebih maju tidak akan terlaksana dengan baiki jika tidak dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan kita bersama, untuk itu pertumbuhan STEI yang ingin dipacu harus diikuti oleh pertumbuhan kesejahteraan dosen dan karyawan sehingga ada keseimbangan antra keduanya. Dengan demikian diharapkan terjadi sinergi yang kuat untuk mendorong perkembangan STEI kedepan yang lebih cepat.

 

Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan lebih kurang mohon maaf, terima kasih

Wabillahi Taufik wal hidayah, wassalamualaikum wr wb.

 

Jakarta, 8 Maret 2011

PROGRAM STUDI STEI

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia memiliki 6 Program Studi

BERITA TERBARU

Kumpulan berita terbaru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI)

Berita Pekan Lomba SENAT STEI 2014
16 Jun 2014 14:04 • (Jane) • Berita Terbaru
Berita Terbaru Selengkapnya

INFO KAMPUS

Informasi seputar Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

GRATIS SGM 2017-2018
29 Sep 2017 09:23 • Info Kampus
Info Kampus Selengkapnya
KAMPUS STEI
STEI INDONESIA
Jl. Kayujati Raya 11A Rawamangun
Jakarta Timur 13220
 
Telepon Kampus A dan B :
(021) 475 - 0321
 
Telepon Kampus C :
(021) 489 - 1073
 
Fax :
(021) 472 - 2371