DISKUSI MAHASISWA EKONOMI
DISKUSI MAHASISWA EKONOMI
20 Aug 2018 10:39
DISKUSI MAHASISWA EKONOMI
Dunia ekonomi kini telah mengalami polarisasi dari dua kekuatan sistem ekonomi, yaitu Sistem Ekonomi Konvensional dan Sistem Ekonomi Syariah. Sistem Ekonomi Konvensional merupakan sistem ekonomi yang banyak digunakan oleh berbagai negara didunia, termasuk Indonesia. Ekonomi Konvensional merupakan sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan perekonomian, pemeritah juga bisa ikut andil guna  memantau kegiatan perekonomian yang berjalan, bisa juga tidak. Ekonomi Syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dipahami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi Syariah atau sistem koperasi berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan.
 
Ekonomi Konvesional memiliki banyak kelemahan yang merugikan rakyatnya, dari tujuannya pun sudah merugikan rakyatnya, jauh dari menyejahterakan. Bukannya membuat sejahtera para rakyatnya, malah membuat “yang kaya makin kaya, yang miskin tambah miskin.
 
Ekonomi Syariah kini terasa baru hadir seperti memberi angin segar bagi para masyarakat yang merindukan kesejahteraan. Padahal, ekonomi syariah itu telah hadir terlebih dulu, lebih lama dibanding dengan ekonomi konvensional, hal itu dikarenakan umat muslim yang tidak menyadari memiliki asset yang sangat berharga ini.
 
Berdasarkan hal tersebut, maka kami mahasiswa yang tergabung dalam Unit KegiatanMahasiswa Jurusan (UKMJ) Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia mengadakan Diskusi Mahasiswa Ekonomi bertemabernama “ Ekonomi Syariah vs Ekonomi Konvensional” pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 di Ruang 510 dan 511 kampus A STEI. Diskusi tersebut dihadiri Drs. Muhammad Yusrizal, M.Si, dan mahasiswa baik dari STEI maupun luar STEI sebanyak 62 Orang.
 
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sambutan oleh Drs. Muhammad Yusrizal, M.Si dengan pembicara Erika Takidah SE,Ak,M.Si,CA,SAS serta ModeratorM. Yusuf, SE.,M.Ak.
 
Ketua Pelaksana Muhammad Alvin Novanza megatakan Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan wawasan  mengenai perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional kepada peserta yang mengikuti acara tersebut serta bertujuan untuk memberikan sarana bertukar pikiran serta bertukar pendapat dalam membahas perbandingan antara ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional.

PROGRAM STUDI STEI

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia memiliki 6 Program Studi

BLOG