KONFERENSI ILMIAH AKUNTANSI V (KIA)
KONFERENSI ILMIAH AKUNTANSI V (KIA)
02 Mar 2018 10:57
KONFERENSI ILMIAH AKUNTANSI V (KIA)
PERAN AKUNTAN DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI ERA EKONOMI DIGITAL
 
 
         Konferensi Ilmiah Akuntansi (KIA) bekerjasama denganPerguruan Tinggi di Jakarta, yang diselenggarakan pada hari Kamis-Jumat, 1-2 Maret 2018 bertempat bertempat di Auditorium Paisal Kamal, Lantai 5 Kampus A STEI. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi menjadi tuan rumah dari konferensi yang diadakan setiap tahun. Yang dihadiiri oleh Ketua STEI Drs. Ridwan Maronrong, M.Sc, Ketua YPFJ H.  Agustian Burdah, BSBA, MBA, Pejabat STEI dan YPFJ SERTA Dr. Moeharmahadi Soerja Djanegara CPA, CA (Ketua BPK RI), Dr. Bambang Pamungkas,Ak (Auditor utama BPK RI), Prof. Dr. Hj. Nunuy Nur Afiah, SE., M.Si.,Ak.,CA (Ketua IAI KAPd Pusat), Harnovinsyah (IAI KAPd Wilayah DKI Jakarta), Hasan Fauzi, Ph.D.,Ak.,CA.CSRS (Direktur ICSEARD UNS Surakarta), Ali Darwin, Ak., M.Sc (Executve Director NSCSR), Gatot Trihanggoro, Ak., MAFIS (Ketua IAMI) Serta peserta sebanyak 200 orang.
Ketua Pelaksana KIA V  Dr. Hj. Wiwi Idawati, SE., M.Si.,Ak.,CA mengatakan Konferensi Ilmiah Akuntansi V (KIA 5) merupakan acara Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd)  bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STEI) dengan tujuan menjadi wadah bagi para peneliti untuk sharing ideas dan sharing knowledge melalui berbagai hasil penelitian. Adapun kegiatan KIA V ini membantu para peneliti untuk mendapatkan masukan agar lebih berkualitas, juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti perkembangan keilmuan terkini dan dapat memperluas jaringan kerjasama (network) antar berbagai perguruan tinggi. Oleh karena itu KIA V mengundang para peneliti, praktisi, pendidik dan mahasiswa untuk menyajikan hasil-hasil penelitian terbaiknya. Adapun paper yang masuk sebanyak 208 paper dengan rincian 126 paper yang diterima, 40 poster dan 20 paper yang ditolak, dan dengan Co-host KIA V terdri dari 24 Perguruan Tinggi baik dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.
       KIA V tahun 2018, merupakan konferensi ilmiah kelima dimana telah dimulai pada tahun 2014 di Universitas Mercu Buana sebagai penyelenggara (host), KIA II tahun 2015 di UPN”Veterean Jakarta”, KIA III tahun 2016 di Universitas Tarumanegara, KIA IV tahun 2017 di Universitas Pancasila dan tahun 2018 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Tema dalam KIA V adalah “Peran Akuntan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals di era digital” latar belakang pemilihan tema ini adalah Akuntan merupakan salah satu profesi yang memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals di era digital. Dunia digital tidak hanya melahirkan peluang dan manfaat besar bagi public dan kepentingan bisnis, namun  juga berimplikasi pada resiko kesinambungan usaha dan kredibiltas organisasi.Seorang akuntan harus dapat mengidentifikasi resiko dan peluang teknologi ditengah tren IT global agar dunia bisnis dapat bertumbuh dengan aman dan optimal. Oleh karena itu peran akuntan professional dalam mengawal perekonomian dan sector bsnis di era digital sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis
        Konferensi Ilmiah Akuntansi adalah salah satu  agenda rutin dari Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) willayah Jakarta. Konferensi ini dapat terwujud berkat kerjasama berbagai pihak dan dimaksudkan sebagai forum yang memberikan kesempatan kepada peneliti, praktisi, mahasiswa dan komunitas akademisi untuk menyampaikan hasil penelitian dan kajian tentang akuntansi. “ tutur STEI Drs. Ridwan Maronrong, M.Sc”
     Perkembangan international saat ini yang harus dicermati dan diikuti oleh para akuntan professional Indonesia adalah agenda 2030 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  tentang tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs ini juga merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang sudah selesai pada tahun 2015 yang dirasa belum optimal pencapaianya. SDGs meliputi 169 target dan 17 tujuan (goals) yang meliputi beberapa cakupan di bidang ekonomi, social, dan lingkungan yang diantaranya yaitu kemiskinan, kelaparan, kesehatan, pendidikan, perubahan  iklim, gender equality, air bersih, sanitasi, energy, lingkungan dan keadilan social. “ jelas Dr. Bambang Pamungkas,Ak”

PROGRAM STUDI STEI

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia memiliki 6 Program Studi

BLOG